Oleh : Isnaeni Sofiana (Sekretaris Umum PD IPM Sukoharjo)

Sumpah Pemuda :
Pertama : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua : kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
Ketiga : kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah pemuda lahir dari sebuah kongres pemuda II yang berlangsung selama 2 hari di Jakarta. Yaitu pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928. Kongres ini telah melangsungkan 3 rapat yang diadakan di Gedung Katholieke Jongenlingen-Bond, Waterlooplein yang sekarang menjadi daerah lapangan banteng, dan di Oost Java Bioscoop Koningsplein Clubgebouw Kramat 106. Sumpah pemuda itu pun diucapkan dan ikrarkan di rapat yang ketiga yaitu yang betempat di Oost Java Bioscoop Koningsplein Clubgebouw Kramat 106. Hari sumpah pemuda merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yang telah membuktikan bahwa di tanggal 28 Oktober 1928 itu bangsa Indonesia telah bersatu. 91 tahun yang lalu dengan semangat kebersamaan para pemuda berjuang bersama untuk persatuan bangsa Indonesia. Melihat pengorbanan dan perjuangan pemuda menjadi refleksi bagi kita para pemuda Indonesia hari ini. “Beri aku 10 Pemuda maka aku akan goncangkan dunia”, (Soekarno). Begitu besarnya kontribusi pemuda dan pemudi untuk kemajuan suatu bangsa, karena di tangan pemuda dan pemudilah sebuah peradaban akan berubah.

Oleh karena itu, hari Sumpah Pemuda sudah pasti memberikan banyak sekali makna dan arti bagi kita semua, untuk kita para millenial.

a. Menjaga persatuan dan kesatuan
Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak sejarah yang membuat seluruh rakyat Indonesia bersatu. Para pemuda dari ujung Barat hingga Timur Indonesia semua berkumpul untuk bersatu mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menghilangkan perselisihan satu sama lain.

b. Mencintai tanah air
Sumpah Pemuda mengajarkan kita untuk selalu mempunyai rasa cinta kepada tanah air kita Indonesia, beberapa caranya adalah dengan berusaha untuk berkarya untuk bangsa sendiri, selalu menggunakan produk-produk negeri sendiri dan lain sebagainya.
Mengingat perjuangan para pemuda kita di masa lalu yang telah berjuang sekuat tenaga dengan tujuan untuk meraih kemerdekaan. Jerih payah mereka harus kita teladani dan kita teruskan

c. Bangga dengan Indonesia
Ditengah gencarnya masuknya budaya asing di Indonesia sangat banyak mempengaruhi kita untuk mengikuti budaya tersebut, salah satunya adalah masalah bahasa.

Oleh karena itu, bahasa Indonesia haruslah tetap menjadi bahasa yang kita gunakan sehari-hari dimanapun dan kapanpun, sesuai dengan isi Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan para pemuda. Ini juga menjadi salah satu cara untuk tetap mencintai negeri kita sendiri.


d. Menebarkan perdamaian
Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak sekali keanekaragaman, mulai dari budaya, suku, ras, Bahasa dll. Dengan keanekaraman itu rentan sekali terjadi konflik, maka dari itu kita sebagai generasi muda harus menjadi agen-agen perdamaian dan tidak menebarkan hoax-hoax dan isu-isu provokatif .

Sumpah pemuda adalah komitmen bagi seluruh pemuda bangsa Indonesia untuk terus memperkuat persatuan bangsa. Pemuda hari ini adalah pemimpin bangsa yang akan datang. Dengan segala potensi, kemampuan, komitmen dan tanggung jawab kita semua mempunyai tanggung jawab memimpin bangsa Indonesia di masa akan datang.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *