ipmjateng.or.id, Pati – OSIS SMPIT Ittihadul Muwahiddin Pati mengadakan kegiatan workshop tentang lingkungan hidup dengan menggandeng PD IPM Pati, Kamis, (19/12).

Kegiatan ini diikuti lebih dari 90 siswa. “Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengedukasi siswa mengenai pengelolaan sampah yang tepat dikalangan pelajar. Disamping itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mengisi waktu liburan siswa paska Ujian Tengah Semester. Harapanya ialah ketika pelajar sudah teredukasi terkait pengelolaan sampah, maka akan memunculkan actor –aktor peduli lingkungan”, Tutur Pembina Osis SMPIT Ittihadul Muwahiddin Pati.

Senada dengan hal tersebut, Ikatan Pelajar Muhamadiyah juga memiliki agenda aksi yang berkaitan penanganan masalah ekologi yaitu Student Earth Generation. Student Earth Generation ini memiliki beberapa tujuan diantaranya memunculkan relawan peduli lingkungan serta bekerjasama dengan lembaga pendidikan terkait urgensi adanya pesantren ekologi.

Kegiatan pada workshop tersebut didahului dengan penyampaian materi dari beberapa anggota PD IPM Pati dan dilanjutkan proses pengelolaan sampah. Para siswa nampak begitu antusias mengikuti workshop ini. Dengan sistem kelompok, mereka diajak untuk membuat suatu karya dari barang bekas yang tidak terpakai untuk menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis.

Media sampah yang digunakan kesempatan kali ini meliputi sampah plastik, koran bekas, kardus bekas, dan botol minum bekas sekali pakai. Media-media tersebut kemudian diolah  menjadi sebuah kerajinan tangan seperti tempat pensil, tempat tissue dan lain sebagainya.

IPMawati Siska Perdana Putri sebagai salah satu pembicara dalam workshop tersebut juga mengungkapkan harapannya bahwa edukasi semacam ini harus terus dimassifkan untuk pelajar khususnya di kabupaten Pati untuk membangun kesadaran pelajar mengenai pentingnya peduli terhadap lingkungan dan alam. Karena dengan begitu dapat mengubah gaya hidup seseorang, salah satunya dengan mengurangi tingkat penggunaan sampah plastik yang kita buang, sehingga pelajar menjadi lebih eco-friendly atau ramah lingkungan. *(Candra/eric)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *