JUDUL : DASAR DASAR ORGANISASI
PENGARANG : SUTARTO
PENERBIT : GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS, 1989
TEBAL : 384 HALAMAN


Buku berjudul “Dasar-Dasar Organisasi ini diterbitkan untuk masyarakat dan kalangan umum sebagai pedoman untuk mempelajari lebih dalam teori-teori dan materi mengenai organisasi secara lebih mendalam dan lebih jauh. Buku ini memuat berbagai materi-materi pokok mengenai organisasi seperti pengertian organisasi, asas-asas organisasi, bentuk-bentuk organisasi, bagan organisasi dan buku pedoman, cara pandang dalam teori organisasi, penyempurnaan organisasi.

Seperti diketahui bahwa selama hidup seseorang lebih banyak berada dalam saling pengaruhnya dengan orang lain daripada hidup menyendiri. Pada dasarnya orang tidak mampu hidup sendiri. Hampir sebagian besar kebutuhannya hanya dapat terpenuhi apabila yang bersangkutan berhubungan dengan orang lain. Hal ini terutama sekali disebabkan karena orang menghadapi pembatasan-pembatasan dalam usaha mencapai kebutuhannya (Sutarto, 1979).
Mengenai pembatasan-pembatasan yang dihadapi orang dalam usaha memenuhi kebutuhannya, Chester L. Barnard mengemukakan sebagai berikut :
Pembatasan-pembatasan pencapaian Tujuan adalah akibat 2 macam faktor, yaitu :
1.Pembawaan biologis atau kemampuan seseorang.
2.faktor-faktor fisik lingkungan.

Menurut Sutarto, keterbatasan seperti itu dapat dihilangkan apabila yang memindahkan batu lebih dari seseorang.

Demikian pula halnya kebutuhan seseorang yang besar dan berat, untuk dapat memenuhinya maka timbul keharusan pada orang itu bekerjasama dengan orang lain. Dengan demikian terjadilah usaha kerja sama. Usaha kerjasama yang dimaksud disini mengenai lingkup organisasi.

Ada beberapa pendapat mengenai organisasi. Pendapat-pendapat dibawah ini disusun secara kronologis atas dasar tahun pendapat itu dikemukakan. Salah satunya Oliver Sheldon, yang berpendapat bahwa organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas, sedemikan rupa, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.

Organisasi memiliki asas-asas dalam menjalankan kegiatannya. Salah satu alasannya agar organisasi tersebut dalam berjalan dengan baik dan struktur organisasinya dapat dikatakan sehat dan efisien. Pada umumnya organisasi mengahadapi masalah-masalah pengurus dan pengurus yang bekerja didalamnya banyak yang tidak mengetahui apalagi meyakini tujuan tempat bekerjanya. Oleh karena itu diperlukan adanya kesadaran para pengurus tentang perlu dan pentingnya mengetahui asas-asas organisasi dalam praktek.

Dalam teori organisasi dapat diuraikan bahwa terdapat beberaoa cara pandang. Macam sudut pandang sudut pandang didalam buku ini diuraikan kedalam 28 macam sudut pandang yang didadapat dari para ahli.

Penyempurnaan organisasi didalam buku ini membahs membahas mengenai kelemahan dalam organisasi, pengertian Odan M dan perselisihan O dan M, lingkupan dan fungsi, berbagai nama satuan organisasi yang melakukan aktivitas O dan M, struktur organisasi O dan M, dan pengembangan organisasi.

Buku ini sangat bermanfaat dan sangat berguna bagi para pelaku organisasi. Secara keseluruhan dari tampilan luar buku ini sangat menarik dan dikemas secara atraktif. Bahasa yang digunakan tidak berbelit, mudah dipahami untuk kalangan umum dan tentunya sangat cocok digunakan sebagai buku pedoman mahasiswa. Isi dari buku ini sangat lengkap dan memuat berbagai teori dari para ahli secara mendalam. Namun disisi lain gambar yang dimuat sebagai penjelasan susah dipahami dan kurang menarik. Namun selebihnya buku ini sangat direkomendasikan bagi pembaca.

*)Penulis : Lail Usri Yusro (Anggota Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan PW IPM Jawa Tengah periode 2019-2021)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *