Jaminan Produk Halal di Indonesia
Urgensi Sertifikasi dan Labelisasi Halal

Pengarang : Farid Wajdi

Sejatinya islam mengajarkan setiap produk yang di konsumsi, selalu melibatkan kebersihan bathiniah. Kebersihan lahir dan batin diutamakan dalam kehidupan muslim, karena kedua faktor tersebut sangat disukai oleh Allah. Pada prinsipnya kebersihan makanan atau produk itu yang dituntut tidak terbatas pada kebersihan lahiriah semata. Ada rangkaian proses yang mesti dipatuhi mulai dari cara mendapatkannya, cara menghidangkannya, cara menggunakannya, dan lain sebagainya.

Seorang konsumen muslim seharusnya perlu memilih setiap produk yang dikonsumsinya. Karena, makanan yang akan dimakan bukan sekedar najis semata. Makanan juga diserap dan dimetabolismekan ke dalam sistem pencernaan dan beredar ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke otak dan jantung. Persoalan konsumsi makanan bagi umat islam tidaklah sekedar ditempatkan sebagai aktivitas netral atau bersifat jasmaniah saja. Tentu hukum halal dan haramnya makanan terletak dari nilai ritual atau ibadah seperti yang diyakini oleh pemeluknya. Maka bentuk dari ibadah tersebut tergambarkan dengan pilihan pada makanan yang bersifat halal untuk dikonsumsi.

Sebagai konsumen yang cerdas tidak akan sembaranan memakan makanan yang diragukan ke-halalan nya. Persoalan dari produk halal ini nyaris tidak mungkin setiap muslim meneliti kehalalan suatu produk, maka dari itu labelitas halal ini cukup penting untuk dilakukan. Persoalan dan alasan dibalik pentingnya label halal suatu produk dikupas tuntas dalam buku ini. Seelah memahami fungsi labelisasi halal, kita akan teringat terhadap permasalahan yang beredar dikalangan masyarakat terutama soal makanan yang di konsumsi.

Kita ingat dulu ada beberapa kasus seperti sprite (1996), sapi gelonggongan (1999,2002), ayam tiren, dll. Kasus-kasus yang senntiasa menggelitik ketenangan keagamaan itu tapi begitu mudah untuk dilupakan. Buku sederhana yang di tulis oleh Farid Wajdi ini, membahas soal labelisasi halal dalam suatu produk ini bertujuan untuk menggugat kembali tentang perlunya pengetahuan setiap konsumen muslim terhadap kehalalan beragam produk makanan. Ada tiga isu yang di usung yakni perlindungan konsumen dan produk halal, Gaya Hidup Halal dan Memilih Makanan, dan Urgensi Labelisasi Halal. Buku ini bagus untuk mendalami dan mengetahui cara hidup yang halal sesuai syariat islam.

Sekian.
*Penulis : Cendekia Rachman Al-ahkam (Anggota PW IPM Jawa Tengah periode 2019-2021)

Categories: Resensi Buku

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *