ipmjateng.or.id, Jawa Tengah – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan budaya di Indonesia, PW IPM Jawa Tengah yang dipelopori oleh Bidang Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga telah membuat sebuah rancangan atau terobosan yaitu Diskusi Budaya Ikatan Pelajar Muhammadiyah untuk Pelajar Muhamadiyah Se-Jawa Tengah, mulai dari Pimpinan Ranting sampai Pimpinan Daerah disetiap masing-masing daerah dan juga telah dibuat Buku Panduan Diskusi Budaya Ikatan Pelajar Muhammadiyah sebagai pedoman, sebagai petunjuk Pelajar Muhammadiyah dalam melaksanakan Diskusi Budaya ini, salah satu tujuan kegiatan ini adalah Membangun jiwa agar tidak kehilangan jati diri saat bersinggungan dengan revolusi industri 4.0 dan budaya lain. Dengan kondisi ditengah Pandemic COVID-19 maka diskusi ini dilakukan dengan mode daring (dalam jaringan) dan waktu pelaksanaan diskusi budaya perdana yang dimulai dari bidang Asbo PW IPM Jawa Tengah dengan waktu yang akan dikabari selanjutnya melalui sosial media yang kami miliki. Pasca diskusi budaya perdana maka waktu diskusi budaya selanjutnya akan sepenuhnya diserahkan kepada tiap tingkatan Pimpinan setempat.

Juga dalam Buku Panduan terdapat tahapan-tahapan yang harus dilakukan Pelajar Muhamamdiyah dalam melaksanakan Diskusi Budaya yaitu mulai dari Persiapan sampai dengan Pengembangan ataupun sebuah hasil dari apa yang telah didiskusikan oleh Pelajar Muhammadiyah Se-Jawa Tengah. Diskusi Budaya telah selesai didiskusikan setiap Pimpinan harus memposting tulisan hasil diskusi tersebut didalam website ipmjateng.or.id.

Selain ada tahapan yang harus dilakukan dalam kegiatan Diskusi Budaya ternyata yang harus diketahui oleh Pelajar Muhammadiyah Se-Jawa Tengah yaitu diskusi perdana akan langsung dipandu oleh bidang Asbo yang sudah diplotkan perkeresidenan dengan tajuk “Orientasi Diskusi Budaya” dan setelah Diskusi perdana dibuka oleh Bidang Asbo sendiri, setelahnya akan dilanjutkan oleh setiap pimpinan mulai dari PC sampai ke PD dengan konsekuensinya setiap peserta harus mau jadi pemantik materi didalam sebuah Diskusi Budaya ini. Setelah pemantik materi sudah dapat dilanjutkan dengan penugasan kreativitas daerah masing-masing yang langsung dimonitoring oleh Asbo PW IPM Jateng.

Harapannya setelah Diskusi Budaya ini selesai dilakukan nantinya akan keluar hasil tulisan-tulisan yang muncul dari peserta untuk meluruskan sejarah yang ditulis dibuku-buku pelajaran. *(LMKTI Jawa Tengah)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *