Blora – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Tengah Periode 2019-2021 menyelenggarakan Rapat koordinasi 6 Bidang (RAKORBID) yang berlangsung selama tiga hari dan diselenggarakan di SMK Muhamadiyah 1 Blora pada Jumat, (27/12) – Ahad, (29/12). Rakorbid ini di buka langsung oleh kepala dinas pendidikan kabupaten blora, bapak Hendi Purnomo yang bertepat di pendopo kabupaten Blora.

Rakorbid kali memfokuskan enam bidang yakni bidang Organisasi, Perkaderan, Pengkajian Ilmu Pengetahuan(PIP), Aspirasi Seni Budaya dan Olahraga(ASBO), Advokasi, Kajian Dakwah Islam (KDI). Dilaksanakanya Rakorbid berharap bahwa dengan adanya rapat koordinasi 6 bidang ini ada sinergi dan juga keselarasan yang kita susun di Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Tengah dan juga program kerja yang kemudian akan di susun oleh Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) dari masing-masing daerah .
Dengan mengusung tema “Encouraging Collaboration” yang berarti Kolaborasi yang penuh dengan gerakan ,sinergi ,dan keselarasan.
IPMawan Huda mengatakan bahwa IPM adalah pimpinan yang memiliki kewajiban menunjukan jalan kebahagiaan kepada para pelajar dengan nilai-nilai yang di tentukan , “ Mengutip karya yang disampaikan oleh Alfarabi yaitu konsep pemerintahan atau negara utama, dikatakan berhasil atau ideal yaitu berorientasi pada kebahagiaan. Pemimpin yang di kota atau di negara berkewajiban utama itu membangun kebahagiaan pada warga negara atau yang di pimpinnya. IPM adalah pimpinan yang paruh para pelajar untuk itu secara tidak langsung kita juga memiliki kewajiban untuk membawa atau menunjukan jalan kebahagiaan kepada para pelajar, tentunya dengan nilai-nilai yang telah di yakini oleh IPM yaitu nilai-nilai ketauhitan, perkaderan, keimanan, kemanusiaan dan kemandirian
Pada pembukaan rakorbid dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Blora , serta Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah se-Jawa Tengah.
Pak kisno selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Blora dalam sambutanya beliau mengatakan ,” Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah bagian penting dari Muhammadiyah karena awal dari perkaderan Muhammadiyah. Harus memiliki 3 kesadaran, yaitu keilmuan, keimanan, serta kepemimpinan. Dengan 3 kesadaran yang dimiliki oleh IPM dengan ilmu dapat menggenggam dunia, dapat menggenggam Indonesia, dan insya allah menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa. Dapat melaksanakan Rakor antar Pimpinan Daerah IPM se- Jawa Tengah di Blora dapat menghasilkan kader yang militan, kader yang dapat dipertanggungjawabkan, serta menjadi kader yang mampu mengelola Muhammadiyah dengan ikhlas hanya karena Allah SWT”.
Bapak Ngastoyo SAg Perwakilan PWM Jateng dalam sambutanya mengatakan bahwa ipm harus jaya dan selalu mengingat Muhammadiyah ,” Anda 5-15 tahun akan menjadi pemimpin, semua lefel semua tingkat anda yang akan benerang. IPM harus jaya,kejayaan inilah sebagai tungkat anda pemimpin bangsa. Ingat pemimpin bangsa ingat negara, dasar negara, islam dan persyarikatan kita. Mau jadi pemimpin atupun menjabat apa saja jangan lupakan Muhammadiyah. ingat sejarah pak jendral sudirman itu kuat dalam berorganisasi, dalam memeluk bangsa dan dalam membangun dunia. Tiga kekuatan beliau yang sulit di tandingi oleh orang lain yaitu selalu wudu walaupun tidak sholat, selalu sholat berjamaah walaupun dalam posisi keadaan banyak jamaah dan sedekah. Pemuda itu kuat termasuk ilmu dan kegiatanya kuat.IPM nantinya tangguh, tanggap dan tanggun dalam menghadapi masalah sehingga nantinya T3 akan menjadi kekuatan kita maju ke depan seperti anggota Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)”
Dalam sambutan Bapak Hendi Purnomo selaku kepala dinas pendidikan kabupaten Blora mengatakan bahwa misi bupati blora dan misi IPM selaras ,”Kalau ada 10 pemuda yang punya integritas, komitmen,punya semangat saya yakin indonesia ini akan jaya.misi bupati blora dan misi IPM selaras, misi IPM tersebut adalah meningkatkan kesadaran pelajar tentang ilmu pengetahuan, ketrampilan dan tingkah laku. Bersama-sama untuk meningkatkan SDM ,kita harus menguasi dan memanfaatkan ilmu teknologi yang sesuai dengan misi bupati .”